Sekolah
Ambrol Belajar Di Balai Desa
Ratusan siswa SDN Tepas 2, Kecamatan Geneng, Kabupaten
Ngawi, harus melakukan proses belajar mengajar dibalai desa setempat, sejak 15
hari lalu. Pasalnya, sekolahnya hancur diterpa angin putting beliung, lokasi
yang hancur mulai dari kelas 1-6 dengan kerusakan mulai dari atap, meja sampai
lemari.
Akibatnya, untuk memperlancar proses belajar mengajar,
para siswa diungsikan dibalai desa dengan tempat tergolong cukup luas. Tapi,
para siswa tetap merasa terganggu saat melakukan aktifitas belajar, karena
bercampur baur dalam 1 tempat, mulai dari kelas 1-6. Siswa SDN Tepas 2 saat ini
berjumlah sebanyak 104 siswa masih menunggu kepastian perbaikan.
Kepala SDN Tepas 2 Sukarni,Spd saat dikonfirmasi
wartawan mengatakan untuk saat ini terpenting kegiatan proses belajar mengajar
berjalan dulu dengan cara mengungsikan siswa ke balai desa. Kondisi balai desa
yang ada dibagi menjadi beberapa ruangan, harus diakui jauh dari idealnya
sebuah kelas.
“Kami sudah mengajukan perbaikan sarana kelas dan
lainnya kepada Dinas Pendidikan, jawabnya menunggu Dana Alokasi Khusus (DAK)
2009 nanti. Apa boleh buat, mas ? Anak-anak terpaksa harus belajar seperti agak
lama lagi, sebenarnya saya, orangtua dan siswa berharap bisa segera dibangun,
paling tidak awal atau pertengahan tahun depan,” ujarnya penuh harap, kepada
wartawan, Senin (3/11).
Kondisi belajar dibalai desa, diakui Bachtiar(10)
siswa kelas 5 merasa terganggu, karena mendapatkan pelajaran harus bercampur
baur dengan siswa kelas 1-6. “Tidak bisa konsentrasi, dalam mendengarkan
pelajaran, karena berisik dengan kelas sebelahnya. Saya dan teman-temannya
berharap, agar sekolah segera dibangun.
Pelajaran Bahasa Inggris Di SD Perlu Perbaikan
Pendidikan bahasa Inggris yang diperkenalkan di
jenjang sekolah dasar (SD), sebagai salah satu muatan lokal, di banyak sekolah
diajarkan dengan asal-asalan.
Pembelajaran bahasa Inggris kepada siswa SD,
belum didasarkan pada acuan yang jelas dan penyiapan guru yang tepat.
“Pendidikan bahasa Inggris di SD saat ini justru
semakin salah kaprah. Para guru tidak dilatih secara serius, untuk jadi
pengajar bahasa inggris bagi siswa SD. Akibatnya, para guru terjebak memakai
buku bahasa Inggris dari penerbit. Akibatnya tujuan pembelajaran bahasa Inggris
di SD melenceng dari tujuannya, sehingga pendidikan bahasa itu di SD dianggap
sebagai beban,” kata Itje Chodijah, pendidik dan pelatih guru bahasa Inggris
nasional, di Jakarta.
Penyediaan guru bahasa Inggris di berbagai
sekolah bervariasi. Ada yang menyerahkan kepada guru kelas, tanpa menyediakan
pelatihan yang memadai kepada pengajar. Ada juga yang menyediakan guru honor
dari sarjana bahasa Inggris.
Itje menjelaskan, pendidikan bahasa Inggris di tingkat
SD dikembangkan sebagai salah satu pilihan muatan lokal pada 1994. Sesuai
panduan dari pemerintah, pendidikan bahasa Inggris bisa boleh dilakukan mulai
kelas empat SD, dan ada pengajar yang memadai. Namun, panduan ini mulai
diabaikan.
Pembelajaran bahasa Inggris di SD semakin dimulai
di kelas bawah, yang sebenarnya siswa masih harus berjuang untuk memantapkan
penguasaan berkomuniaksi yang baik dan benar dalam bahasa Indonesia.
Pendidikan bahasa Inggris di SD ini sederhana,
mudah, dan menyenangkan, untuk memupuk kesenangan siswa, dan menyadari ada
bahasa asing sebagai alternatif berkomunikasi.
“Karena guru tidak pernah disiapkan dan dilatih
bagaimana mengajarkan bahasa Inggris bagi siswa SD, orientasinya tetap pada
tes. Ini terjadi di banyak daerah, karena menganggap sekolah yang mengajarkan
bahasa inggris bakal diminati. Nyatanya, memang pembelajaran bahasa inggris ini
jadi gengsi untuk sekolah,” kata Itje, yang mengambil master di bidang English
For Young Learner (EYL) di Inggris.
Itje menilai, pendidikan bahasa Inggris untuk SD
belum terlaksana dengan baik. Praktik di dalam kelas lebih mengikuti materi di
dalam buku teks yang digunakan, dan mengindahkan persyaratan pembeljaran bahasa
Inggris yang seharusnya.
“Tes sering jadi tujuan utama dalam pengajaran
bahasa Inggris. Banyak guru yang mengutamakan tes dalam proses pembelajaran,”
kata Itje.
Meskipun bahasa Inggris di SD sebagai muatan
lokal, kata Itje, pemerintah perlu membenahi dan memberikan acuan yang jelas.
Pendidikan Jujur yang Membebaskan
Apa yang bisa mengguncang institusi pendidikan
prestisius? Ternyata bukan nilai, sarana-prasarana, atau dana, tapi
ketidakjujuran.
Itulah yang terjadi di Universitas Harvard, AS,
yang prestisius itu. Baru-baru ini Harvard terguncang hebat oleh skandal
”nyontek” yang melibatkan sekitar 125 mahasiswa dalam mata kuliah pemerintahan.
Pendidikan jujur niscaya demi menjaga eksistensi
bangsa ini dalam percaturan dunia. Pendidikan jujur meniscayakan dinamika
pembelajaran yang menekankan dan menghargai proses, transparan, serta
akuntabel. Dinamika pendidikan semacam itu membantu pembelajar mengalami apa
yang oleh Paulo Freire disebut humanisasi.
Dalam humanisasi, manusia dibantu menyadari
keterbatasannya dengan praksis. Pendidikan yang menekankan dan menghargai
proses membantu pembelajar menyadari keterbatasannya hingga sanggup mengatasi
situasi yang membatasinya itu.
Karena itu, pembelajar perlu dibantu memilih
institusi belajar yang memiliki kultur dan dinamika pembelajaran yang cocok
baginya. Tujuannya agar pembelajar mampu berproses. Ia mampu nyaman dengan
dirinya, menentukan target prestasi yang terukur, serta melakukan dinamika
proses pembelajaran yang unik untuk mencapai target itu. Pada akhirnya ia
terbantu untuk memiliki banyak pengalaman sukses dan melampaui keterbatasan-keterbatasan
yang disadarinya. Inilah jalan melahirkan generasi berkarakter dan jujur.
Beragam pencitraan dan
kastanisasi pendidikan yang memengaruhi perekrutan pembelajar perlu
dipertimbangkan. Institusi pendidikan sebaiknya merekrut mereka yang mampu
belajar sesuai kultur institusinya. Sekolah/ universitas dibangun untuk
pembelajaran, bukan gerombolan.
Agar
Air Minum Kita Setara dengan Air Zamzam
Air zamzam yang kita ketahui sangat
banyak sekali khasitanya, bisa jadi obat, jamu, dan herbal, dalam artian
penguat tubuh agar terjaga staminanya. Ya itulah hebatnya air zamzam, namun
sayangnya air tersebut berada di daerah yang sangat jauh dari kita, khususnya
yang berada di Indonesia. Maka tidak heran air zamzam adalah air yang khas
sebagai cidera mata orang yang baru pulang haji, rasanya kalau tidak bawa air
zamzam ibadah hajinya batal, tidak sempurna. Begitupun orang yang menunggu
kedatangan keluarga yang bekerja sebagai tenaga kerja wanita (TKW) khususnya
daerah arab Saudi, madinah, mina dan oman pasti menantikan air zamzam setibanya
di kampong halaman.
Disebutkan dalam salah satu riwayat bahwa air
zamzam merupakan satu-satunya air syurga di dunia, yang diberikan oleh oleh
lewat peristiwa siti hajar dan ismail, ketika nabi Ibrahim menempatkan keduanya
di tanah tandus dan gersang yakni gurun pasir.
Tetapi pada ulasan ini saya ingin menjelaskan kenapa
air zamzam begitu berkhasiat, dan lebih menakjubkan lagi air zamzam tidak akan
pernah habis sampai kiamat tiba, allahuakbar, padahal kita tahu sendiri ketika
dating kemarau sumur, sungai, sawah menjadi kering kerontang, namun tidak bagi
air ajaib ini.
Secara fisik saja kita sudah tahu betapa hebatnya air
zamzam apatah lagi secara khasiatnya, pada hakikitnya air zamzam hanyalah air
yang di istimewakan oleh allah semata di dunia, tidak ada bedanya dengan air
sumur yang ada di kita, namun allah menghendaki air zamzam lah satu-satunya air
yang paling ajaib.
Hal ini menjadi daya tarik sendiri bagi para ilmuan
untuk meneliti sebab-sebab yang terkandung dalam air, ada kandungan air yang
bagus disebut mineral, ada yang jelek ada juga yang sangat bagus yakni zamzam,
terlepas dari pengamatan para ilmuan saya sendiri mencoba memberikan argument,
dalam menjawab pertanyaan kenapa air zamzam berkashiat tinggi.
Karena air zamzam berada di antara kota mekah dan
madinah yang tiap detik di gaungkan doa, dzikir, ibadah yang tidak pernah
behenti setiap hari. Air yang selalu mendapatkan doa maka akan memiliki khasiat
yang sangat tinggi, apalagi dalam tubuh kita hamper 90% adalah air, tentu saja
apabila kita meminum air yang bagus maka tubuh kita akan bagus pula.
Untuk itu, agar kita senantiasa sehat dan bugar,
minumlah air yang sebelumnya sudah kita doakan minimal sebelum minum membaca
bismillah, insya allah air yang kita minum akan setara dengan air zamzam.
Wallahualam.
Copas Ya..........
BalasHapus